Memilih Jurusan: Pendidikan Bahasa Inggris vs Sastra Inggris



Bagi siswa-siswi di sekolah menengah tingkat atas baik SMA/MA/SMK/MAK khususnya di kelas XII, saat ini pasti sudah mempunyai rencana jurusan yang akan diambil ketika menempuh study di perguruan tinggi nanti. Nah, bagi kalian yang tertarik dengan jurusan Bahasa Inggris. Tak jarang banyak dari kalian yang masih bingung nan bimbang memilih antara jurusan Pendidikan Bahasa Inggris atau Sastra Inggris. Perlu diingat, dua jurusan tersebut adalah berbeda, maka mata kuliah, bidang penelitian, dan kompetensi lulusan yang diharapkan pun berbeda. Lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu.

Perbedaan Fakultas

Di Indonesia, setidaknya dua jurusan ini akan bernaung di bawah fakultas yang berbeda (bergantung pada kebijakan Universitas masing-masing). Pendidikan Bahasa Inggris biasanya bernaung di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), atau fakultas lain yang membidangi Ilmu Pendidikan, sedangkan Sastra Inggris pada umumnya bernaung di bawah Fakultas Sastra atau Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

Mata Kuliah

Yang paling crucial dalam memilih bidang jurusan adalah mata kuliahnya. Tak heran, ada baiknya sebelum memilih suatu jurusan, kalian bisa melihat-lihat dulu mata kuliah yang akan dipelajari selama kuliah. Ini penting karena akan sangat menentukan skill atau kecakapan yang akan kalian kuasai setelah lulus nanti. Untuk jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tentunya dari nama jurusannya pun kalian bisa menerka bahwa jurusan ini akan membahas tentang ilmu pendidikan. Mata kuliah yang disajikan akan membahas tentang pengajaran bahasa Inggris seperti pengantar pendidikan, teaching media, teaching plan, micro teaching, psikologi pendidikan, profesi kependidikan, perkembangan peserta didik, dsb. Disamping tentunya akan tetap membahas tentang ilmu bahasa pada umumnya seperti pronunciation practice, English syntax, sociolinguistics, semantic, psycholinguistics, dsb. Nah, untuk Jurusan Sastra Inggris sendiri lebih banyak membahas tentang ilmu bahasa itu sendiri (seperti sociolinguistics, semantic, psycholinguistics, dsb), kajian karya sastra (literary works), budaya, sejarah bahasa, dsb.

Kompetensi Lulusan

Jika membahas tentang kompetensi lulusan, hal ini akan bersifat dinamis karena sebenarnya tidak ada rumus baku bahwa lulusan bidang tertentu akan berkecimpung di bidang itu juga. Namun memang mata kuliah yang diajarkan selama perkuliahan sudah mengarahkan mahasiswa untuk bisa kompeten menekuni profesi tertentu. Pada umumnya, jurusan Pendidikan Bahasa Inggris lulusannya akan diharapkan menjadi guru, tutor, atau praktisi pendidikan sedangkan jurusan Sastra Inggris diharapkan dapat mumpuni untuk terjun dalam dunia kebahasaan seperti wartawan, humas, penulis, dsb.
Dari penjelasan yang saya jabarkan di atas, sedikit banyak kalian sudah tau bahwa dua jurusan tersebut berbeda, baik dari segi mata kuliah yang diajarkan maupun kompetensi lulusan yang dihasilkan. Namun ada baiknya kalian tidak membatasi diri untuk mempelajari hanya pada satu bidang, agar kemampuan dan pengetahuan kalian terus berkembang dan tidak terkotak-kotakkan pada satu macam ilmu saja.

Bojonegoro, 2018
Muhammad Ansori

  




No comments

Powered by Blogger.